Sejarah Islam di Timur Tengah

Air Zam-Zam

Posted by sejarahasyik pada April 30, 2007

http://www.wikipedia.com

 

Menurut kepercayaan umat islam saat itu, telaga zamzam dirawat dan dibina oleh Siti Hajar. Siti Hajar sendiri merupakan istri kedua dari Nabi Ibrahim a.s dan merupakan ibu dari Nabi Ismail. Ceritanya adalah pada saat itu, Nabi Ismail merasa sangat haus tetapi di gurun tersebut sedang terjadi kekeringan. Lalu, demi untuk mendapatkan air untuk anaknya, Siti Hajar berlari-lari 7 kali dari Bukit Safa dan Bukit Marwa. Allah memang maha penyanang, maka ia memerintahkan Malaikat Jibril untuk mengeluarkan air suci dari tengah-tengah padang pasir tersebut. Tempat mata air itu keluar adalah tempat dimana Nabi Ismail menghentak-hentakkan kakinya sambil menangis. Kemudian, Siti Hajar mengepung air itu dengan batu-batu. Karena itulah disebut air zamzam atau yang artinya adalah kepung air.

Abdul Muthalib yang merupakan nama kakek Nabi Muhammad s.a.w telah menjaga keselamatan satu-satunya sumber air di kota Mekah zaman pra Islam. Perkataan “zamzam” dipercayai berasal daripada ungkapan “zomk-zomk” bermakna “berhenti mengalir” – yang diluahkan oleh Siti Hajar dalam percubaannya menakung air yang berhamburan keluar.

Maklumat fizikal
Kedalaman sumber air zamzam adalah 30 meter tetapi kedalaman airnya haya 3,32 meter. Air keluar pada kelajuan 8000 liter/detik selama 24 jam.

Air zamzam saat ini

Seperti yang telah kita ketahui, disaat ibadah haji dan umrah, para jemaah harus menjalankan suatu ibadah yang disebut Sa’i. Hal itu meniru larian Siti Hajar dari Bukit Sofa ke Bukit Marwa sebanybak 7 kali.

Air zamzam sendiri mengandung mineral seperti kalsium, magnesium dan fluoride.

Air zamzam tidak diperkenankan untuk dieksport. Maka dari itu, jemaah haji dan umroh dapat mengisi botol mereka dengan air zamzam. Setiap jemaah berhak membawa 5 galon air zamzam. Tempat pengambilan air zamzam berdekatan dengan Masjidil Haram. Dan terdiri menjadi 2 bagian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: